Kenapa olahraga bikin sehat badan dan mental?

Sejak setahun lalu saya mulai jadi pencinta olahraga Lari. Yap, lari dalam arti sebenarnya. Bukan lari dari masalah atau bahkan lari dari kenyataan :D. Entah kenapa saya merasa lebih baik jika melakukan olahraga lari secara rutin. Mulai dari
tubuh yang terasa lebih bugar, sampai dengan rasa percaya diri yang meningkat.

The runner
The runner

Berangkat dari rasa penasaran, saya coba cari apa saja manfaat-manfaat berolahraga, dan ternyata semuanya cocok dengan yang saya rasakan. Berikut manfaat olahraga yang saya dapat dari berbagai sumber sekaligus komen pribadi di setiap poinnya.

1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Seseorang yang menyempatkan diri untuk melakukan kegiatan olahraga setelah seharian melakukan rutinitas, dapat membantu untuk meningkatkan kualitas tidur di malam hari. Dengan kualitas tidur yang baik akan membuat tubuh kembali segar dan akan lebih siap melakukan aktifitas keesokan harinya. Namun yang perlu diingat adalah, jangan melakukan kegiatan olahraga pada saat mendekati jam-jam tidur, karena hal ini justru akan menimbulkan gangguan insomsia (susah tidur).

Komen:

Yang biasanya jam 12-an, tiap jogging sore mata mulai nutup sekitar jam 10-an. Seolah ada korelasi antara jam makan dengan jam ngantuk. Sekitar 1 jam setelah makan, apalagi kalo belum sholat isya, gak ada yang lebih diharapin selain ‘tidur cantik’

2. Membuat Tubuh Terlihat Lebih Bugar

Setelah melakukan berbagai macam aktivitas, tentu tubuh akan terlihat lelah, letih, maupun lesu. Dengan berolahraga ringan akan dapat mengembalikan kebugaran tubuh. Otot-otot yang semula tegang akan bisa kembali lebih relax. Untuk itu manfaat olahraga dalam tubuh sangat bekerja untuk menjaga kesehatan.

komen:

Saya tinggal di asrama dan kebetulan kamar saya terletak di lantai 5. Kalo dulu harus naik dengan ‘perlahan tapi pasti’, sekarang keliatan lebih meyakinkan dan siap diadu lomba lari vertikal #janganterlalupercaya

3. Menghilangkan Stress

Timbulnya stress bisa disebabkan oleh tekanan yang berasal dari diri sendiri, orang lain, maupun lingkungan sekitar. Hal ini akan menyebabkan masalah kesehatan serta perilaku seseorang yang mengalaminya. Olahraga merupakan serangkaian gerakan untuk memelihara serta meningkatkan kemampuan gerak tubuh, yang apabila dilakukan secara teratur dapat dapat membantu mengurangi ketegangan otot-otot tubuh, serta dapat membuat pikiran menjadi lebih fresh. Seseorang yang aktif dalam segi fisik memiliki kecenderungan untuk lebih baik dalam menyesuaikan kondisi emosional serta mentalnya.

komen:

Yang udah nonton The Imitation Game (2014) pasti tau gimana pusingnya Om Alan Turing alis Benedict Cumberbatch waktu pecahin kode enigma yang rumit, ditambah tekanan dari atasan yang bikin stress, doi selalu sempatiin jogging sore buat nenangin pikiran sambil nyari solusi lainnya. Itu real banget dan saya rasain sendiri 

4. Meningkatkan Mood

Dengan berolahraga dapat membantu menstimulasi zat-zat kimia pada otak yang pada akhirnya dapat membuat seseorang lebih santai dan merasa lebih bahagia. sehingga membuat Anda merasa lebih bahagia dan santai. Timbulnya perasaan bahagia dan santai dapat meningkatkan mood seseorang.

komen:

Jogging emang bikin mood jadi lebih baik dan pikiran lebih rileks. Tapi, akan lebih baik kalo jogging di tempat yang tanpa perlu jogging mood kamu udah bakalan baik, contoh: Saraga  ITB. Tiap sore atau sabtu & minggu pagi tempat ini jadi lokasi jogging mojang bandung. kebayang kan segernya? 😀

5. Meningkatkan Kapasitas Otak

Menurut David Atkinson, direktur dari Cooper Venture Development Program, salah satu divisi dari Cooper Aerobic Center di Dallas, Amerika Serikat menyatakan bahwa olahraga dapat memabantu untuk meningkatkan serotonin yang ada dalam otak, dimana serotonin merupakan suatu hormon yang bekerja sebagai modulator kapasitas kerja otak, seperti untuk mengatur emosi, pemahaman, maupun nafsu makan. Peningkatan kapasitas otak dapat membantu untuk meningkatkan kualitas dalam melakukan tugas-tugas rutin  sehari-hari.

komen:

Gak tau gimana cara ngukur kapasitas otak, yang pasti nafsu makan jelas meningkat dan berbanding lurus dengan jumlah pengeluaran!

6. Menambah kepercayaan diri seseorang

Seseorang yang rutin melakukan kegiatan olahraga dapat memiliki bentuk tubuh yang ideal, terlihat segar, bugar, dan lebih sehat. Hal ini tentu saja dapat menambah kepercayaan diri pada mereka.

komen:

Suatu sore pulang jogging saya ketemu my english native conversation teacher, Mr. Bob. Kebetulan saya sedang pake jersey juventus warna kuning, celana dan sepatu jogging hitam dan dia bilang you look great today! Kesimpulan: Jogging bikin bikin cowok keliatan lebih keren ;D

7. Dapat Menurunkan Berat Badan

Berolahraga dapat membantu untuk proses pembakaran lemak dan kalori yang menumpuk dalam tubuh. Untuk itu orang-orang yang memiliki berat badan yang berlebih (gangguan obesitas) sangat dianjurkan untuk melakukan kegiatan ini secara rutin untuk dapat membantu menurunkan berat badan. Selain itu, olahraga secara teratur juga dapat membantu menjaga berat badan agar tetap ideal, sehingga dapat terhindar dari berbagai penyakit berbahaya.

Komen:

Iya, bukannya makin berisi malah makin padat –‘ (baca: makin cungkiring)

8. Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Berolahraga juga dapat merangsang hormon-hormon yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh seperti hormon serotonin dan endorphin untuk dapat bekerja lebih efektif dalam tubuh. Dengan begitu, daya tahan tubuh akan meningkat serta dapat melawan berbagai penyakit yang disebabkan oleh infeksi baik itu oleh virus, bakteri, maupun mikroorganisme lainnya.

Komen:

Ini nih yang paling saya setuju. Flu, sakit kepala, cepet capek dll kerasa jauh lebih berkurang karena sering olahraga. Mungkin sama dengan poin 2, tubuh lebih bugar jadi gak gampang sakit.

9. Mengembalikan Gairah Seksual

Setelah seharian melakukan rutinitas yang menguras tenaga, tubuh akan terasa lelah dan letih. Hal tersebut tentu saja akan berdampak pada kualitas hubungan seksual seseorang. Berolahraga dapat membantu meningkatkan gairah seksual serta dapat mencegah disfungsi ereksi.

komen:

Masih belom punya pengalaman soal ginian. Kalo pun nanti udah punya masa dibahas disini 😀


Demikian manfaat olahraga yang dibumbui komen gak penting hasil pengalaman saya selama ini. Semoga berguna dan termotivasi untuk jadi suka olahraga, khususnya jogging.

Sumber: halosehat.com | www.tipscaramanfaat.comsehatsecaraalami.com

Advertisements

2 thoughts on “Kenapa olahraga bikin sehat badan dan mental?

    1. Halo komunitas sehat!
      Yap biasanya yg udah mulai pst ngakuin kalo olahraga menyenangkan, bisa turunin berat badan juga. Untuk jantung saya nggak brani jawab, tergantung gmn keadaan badan kali ya haha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s