Segarnya racun nyamuk

Ini cerita di hari ke 20 lebaran. Pulang dari solat tarawih, saya duduk santai di ruang tv karena kata Ibu kamar baru disemprotin One Push Vape, racun nyamuk yang menurut iklan cukup semprot 1 detik bebas nyamuk 10
jam. Kebetulan saya sedang candu membaca buku tentang Rusia karangan seorang pegawai duta besar Indonesia disana.

Sepuluh menit rasanya cukup untuk menunggu. Saya masuk kamar, ganti baju tidur dan mulai membaca.  Terasa wangi jeruk yang segar, rasanya ingin dihirup dalam-dalam namun saya sadar ini adalah aroma racun nyamuk. Kamar saya kebetulan didesain untuk ruangan ber-AC. Hanya ada jendela -yang jika malam ditutup- tanpa ada ventilasi sehingga aromnya masih kerasa kuat.

Tidak lama kemudian kepala saya terasa berat, mungkin karena membaca sambil tidur. Saya coba merubah posisi menjadi sambil duduk namun  tidak membuat lebih baik. Saya keluar, duduk di ruang tamu yang kebetulan saat itu beberapa keluarga sedang duduk ngobrol disana.

Ada yang nggak beres, pikir saya. Kepala berat dan mulut pahit. Saya sempat ke kamar mandi untuk meludah. Anehnya, kerasa ada aliran air di tenggorokan yang mengalir pelan tapi terus naik dan berkumpul di mulut. Ini sangat tidak biasa. Tidak lama keringat dingin keluar dan saya mendadak menggigil. Kata adek, saya mirip pengguna narkoba sedang sakau seperti di sinetron-sinetron Indonesia, kedinginan dan dapat ‘serangan’ panik. Tiba-tiba, saya muntah dan langsung lari ke kamar mandi. Apa yang dimakan saat buka puasa hampir tidak tersisa. Ini muntah terlama yang pernah saya rasain, belum lagi derita mata yang sangat perih dan perut kerasa sakit.

Dari kejadian ini, saya belajar beberapa hal.

  1. Muntah adalah salah satu bentuk pertahanan tubuh. Ketika ada benda asing yang dianggap membahayakan, pusat saraf otak merintahkan pusat saraf muntah untuk mengeluarkan isi perut guna melindungi tubuh dari toksin atau racun. Sayangnya mood buat makan hilang seketika setelah muntah.
  2. Tubuh kita menolak aroma yang tidak sedap (ex:menghidari bau ketek di angkot) dan menikmati aroma yang sedap (ex: menyukai aroma parfum). Menurut saya alangkah lebih bijak jika diterapkan aturan yang memaksa memberikan aroma tidak sedap untuk benda racun demi keselamatan konsumen, terutama anak kecil yang sangat mudah ‘tertipu’ dengan racun beraroma segar.
  3. Biasakan membaca panduan penggunaan. Hampir dalam setiap racun nyamuk terdapat panduan pertolongan pertama jika terjadi keracunan. Yang pertama adalah membawa korban untuk menghirup udara terbuka, kemudian memaksa muntah  dan yang paling terakhir membawa ke dokter.

Terimakasih, semoga berguna dan tidak mengalami hal yang sama dengan saya!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s